Kamis, 11 September 2014

Jangan Sombong

Bismillahirohmaanirrrohiim.
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Ya Allah,semoga Engkau senantiasa membimbing hati, lisan, dan pikiranku berada dalam keridhoan-Mu.
Jauhkanlah diriku dan keluargaku dari sifat sombong karena kesombongan hanyalah milikmu Sang Pemilik alam semesta.
Hari ini aku teringat akan kisah Qorun yang durhaka dan sombong. Qorun adalah seorang yang awalnya miskin, tapi biidznillah do'a nabi Musa atas dirinya agar menjadi orang yang kaya dikabulkan oleh Allah.
Semula cita-citanya adalah membantu sesamanya. Tapi seiring dengan waktu, ternyata apa yang dicita-citakan tak dia laksanakan. Harta yang dia dapatkan justru membuat dirinya menjadi sombong. Kisahnya dapat kita lihat lengkap pada surat Al-Qasas ayat 76 - 82.
Qorun mengatakan harta yang dia dapatkan adalah hasil dari usahanya, padahal apa yang dia dapatkan tak lepas dari skenario Allah. Kalaupun Allah tidak menghendaki, pastilah dia tidak akan kaya. Kesombongan telah mengantarkannya ditelanbumi bersama harta yang diusahakan.
Sepenggal kisah Qorun memiliki makna yang sungguh dalam. Seberapa derajatpun kelebihan kita maka itu adalah karunia dari Allah. Manusia hanya berusaha, dan usaha itulah yang akan dinilai.
Allah tidak akan bertanya berapa bannyak harta yang kita kumpulkkan ketika dipanggil  oleh-Nya kelak. Tapi Allah akan menilai usaha,kejujuran, dan komitmen kita pada-Nya.
Kita harus ingat bahwa ketika menuju sukses, pasti ada yang terkorbankan. Maka janganlah melupakan orang-orang yang sudah membantu kita menapaki tangga kesuksesan. Tak ada guna harta, jabatan atau apa pun yang menjadi parameter kesuksesan seseorang,apabila dia tidak menghargai orang yang berkorban untuknya, banyak yang merasa terdzolimi, karena do'a orang yang dizalimi bisa terkabul seperti Nabi Musa yang akhirnya mendoakan Qorun agar hilang ditelan  bumi.
Na'udzubillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar